Selasa, 26 Mei 2009

FESTIVAL JEJERIT REMPONG

Hari ini saya dan kawan-kawan ribut mengartikan satu kata: “Rempong”. Berhubung dosen saya yang asli Filipina dan sudah hijrah kemana-mana itu, ingin sekali tau artinya rempong, maka kita dengan susah payah mencoba mengartikannya lewat. . .bahasa Indonesia.

Kemarin, kami, seganjil anak-anak Performing Art Communication yang berjumlah tidak genap ini melalui mid test atau bahasa kupernya Ujian Tengah Semester. Dan mid test kami untuk pelajaran Voice of Performance II: Vocal and Instruments, diharapkan dengan setulus hati untuk membuat sebuah performance. Boleh solo, duet, trio atau band atau apalah suka-suka kami. Kesenangan yang diberikan kepada kami adalah hak menentukan sendiri nama apa yang mau kami pakai guna melambangkan diri kami atau band kami.

Dan tentu saja, ada hak juga pasti ada kewajiban. Saat inilah salah sebanyakorang di kelas saya yang membentuk sebuah grup menyanyi yang bukan choir, memilih nama “Rempong” dan mereka sedang melaksanakan kewajibannya mengartikan nama tersebut.

Pertama saya jejerit, “Sibuk! Sibuk!”. Jerit paling keras supaya didengar dan diperhatikan. Biasalah, kan negara demokrasi. Kalo gak demo keras-keras, ya gak didengar.

Tapi ada juga yang menyaingi, “Rame! Rame!”
Suara ketiga bilang, “Ribet!!”
Suara keempat, “Riweh!!”
Suara saya, “Sulit!” agak gak nyambung, tapi biarlah... asal teriak.
Suara teman saya, “Busy!Busy!!”
Suara teman saya yang lain, “Complicated!!!”
Suara saya lagi, “Masa susah! Pancaroba!!” sangat gak nyambung, tapi biar lagi lah...

Saat itu sepertinya tidak ada teman yang tau saya teriak itu. Mungkin sibuk bikin bingung dosen saya. Kalau ada diantara kalian yang juga bingung, kenapa saya memilih pancaroba untuk arti sebuah “Rempong”, alasannya adalah....


KARENA,
Rempong itu situasi yang sibuk, riwet, ribet, riweh,membingungkan. Nah, dalam masa itu, tentu sangat bisa kita sebut masa sulit. Masanya orang-orang kesusahan. Ya, pancaroba-pun sebenarnya juga sebuah realitas masa sulit.

Jadi, ada yang setuju bahwa REMPONG berarti PANCAROBA?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar